Pemahaman Peserta Mata Kuliah Pancasila Terhadap Nilai-Nilai Pancasila Selama Pembelajaran Daring di IAKN Palangka Raya
Main Article Content
Abstract
Mata kuliah Pancasila memiliki muatan teoritik untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang nilai-nilai ideologi Pancasila. Selama pembelajaran daring, pemahaman peserta mata kuliah Pancasila melemah karena pembelajaran melalui zoom meeting yang kurang interaktif. Hal ini berdampak pula terhadap pengembangan nilai karakter Pancasilais yang biasanya dapat diobservasi melalui team based project, case method, atau penilaian autentik pada tiap pertemuan. Telaah ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman peserta mata kuliah Pancasila di Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Palangka Raya pada saat pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data primer berupa kuesioner tertutup kepada 128 orang mahasiswa yang mengontrak Mata Kuliah Pancasila pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 di IAKN Palangka Raya. Data dianalisis secara deskriptif dan komparatif menggunakan kerangka teoritik Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi yang diterbitkan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Hasil survey menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa IAKN Palangka Raya terhadap ideologi Pancasila selama pembelajaran daring berada pada taraf cukup baik. Hal ini terbukti dari kesesuaian pemahaman mahasiswa dengan kerangka pokok bahasan pada mata kuliah Pancasila. Mahasiswa memahami bahwa ideologi Pancasila telah merepresentasikan masyarakat Indonesia yang multikultur. Di IAKN Palangka Raya, penekanan dari Pendidikan Pancasila ialah membekali mahasiswa dengan karakter Pancasilais yang bertolak dari nilai-nilai Kristiani sesuai core values pada visi IAKN Palangka Raya. Pemahaman peserta mata kuliah Pancasila selama pembelajaran daring masih belum sepenuhnya sesuai dengan indikator pencapaian secara kognitif dikarenakan kendala jaringan saat perkuliahan melalui zoom meeting. Kedepannya pemahaman mahasiswa IAKN Palangka Raya terhadap Pancasila juga perlu diinternalisasikan melalui kegiatan pembinaan kemahasiswaan yang terorganisir saat pasca pandemi.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.